Apakah itu Java?

Ketika kita mendengar kata 'Java', yang tidak jauh kita pikirkan terlebih dahulu adalah 'Java' dalam artian daerah Jawa yang ada di Indonesia, atau mungkin bahasa Jawa. Namun, kali ini lain lagi halnya dengan apapun yang berkaitan dengan Jawa. Kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemrograman 'Java'. Yuk kita cari tahu, apa sih 'Java' itu?


Pernahkah kalian melihat-lihat aplikasi-aplikasi yang ada di handphone atau di internet, dan tiba-tiba menemui suatu icon semacam cangkir teh atau kopi dengan uap panas di atasnya? Dan icon tersebut tertanda dengan nama 'Java'? Apa tebakan pertama kalian ketika melihat icon tersebut? Bagi mereka yang kurang tau apa-apa mengenai programming, mungkin saja ada yang mengira  bahwa itu semacam game, internet browser, atau software lainnya yang mirip kegunaanya dengan 'Photoshop' atau 'Paint'.





Tapi ternyata, 'Java' tidaklah mirip dengan apapun yang tadi disebutkan. 'Java' sebenarnya adalah bahasa pemrograman. Banyak orang yang tidak tahu-menahu mengenai hal tersebut, namun ketahuilah, banyak sekali aplikasi yang kita pakai diprogram dengan 'Java'. 




Bahkan beberapa game, yang terutama yang lama banyak yang menggunakan 'Java' sebagai platform-nya. Ada juga aplikasi-aplikasi yang terdapat di situs-situs web yang menggunakan 'Java'. Selain itu, 'Java' biasa digunakan untuk mem-program aplikasi-aplikasi android yang biasa kita pakai. 




Tapi, mengapa bahasa pemrograman 'Java' sangat populer di kalangan programming

Itu karena 'Java' itu multiplatform, yang artinya bisa digunakan di berbagai macam operating system. Alasan lainnya adalah karena bahasa pemrograman 'Java' itu mirip dengan cara kerjanya atau bergaya mirip dengan C++, sehingga menarik pengguna C++ untuk pindah menggunakan 'Java'. Dan, 'Java' bisa dengan otomatis mengumpulkan masalah. Maksudnya, 'Java' memilik fasilitas pengaturan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Dengan begitu, kita sudah cukup mengenal apa itu 'Java' yang sering kita temui di laptop atau handphone. Cukup sekian dari pembahasan singkat mengenai 'Java', mohon maaf jika ada informasi yang kurang tepat atau mungkin ada yang kurang dari apa yang telah saya bahas, terima kasih sudah meluangkan waktu anda. Semoga bisa bermanfaat, walau hanya sedikit. Sampai jumpa lagi di blog selanjutnya...






















Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar