Friday Programming - 15 September 2017

Pada ekstrakurikuler komputer suatu sekolah pasti berkaitan dengan programming. Di ekskul PATCH (Paguyuban Teknologi SMAN 2 Cimahi) juga terdapat divisi programming. Dan pada hari ini, divisi programming berkesempatan untuk mempelajari bahasa pemrograman Pascal. Mari kita cari tahu apa saja yang mereka pelajari!


Bagi orang-orang yang tidak tahu-menahu mengenai dunia pemrograman, nama Pascal akan terdengar asing di telinga. Pada dasarnya, Pascal adalah suatu bahasa pemrograman (programming language) yang bisa dikatakan sebagai tempat latihan bagi para peminat proramming pemula yang ingin menekuni bahasa pemrograman. Jadi sebenarnya, bahasa pemrogaman Pascal tidak memiliki manfaat khusus selain sebagai "tempat latihan".


Pada hari ini, divisi programming PATCH mempelajari salah satu perintah dasar dari bahasa pemrograman Pascal. Perintah tersebut disebut dengan pengulangan. Fungsi perintah pengulangan adalah untuk menulis/mengetik ulang apa yang sudah kita tulis tanpa menulis ulang semuanya secara manual.


Perintah pengulangan tersebut dibagi menjadi tiga (bahasa), yaitu:
  1. for = Untuk mengulangi perintah dengan jumlah pengulangan sudah ditentukan dari awal.
  2. while = Untuk mengulangi perintah ketika suatu kondisi masih terpenuhi.
  3. repeat = Untuk mengulangi perintah sampai suatu kondisi terpenuhi.

Namun, walaupun Pascal hanya sebagai "tempat latihan" dengan bahasa pemrograman yang "cukup sederhana", bukan berarti bahasa pemrograman ini bisa langsung dipahami dengan cepat, apalagi oleh orang-orang yang baru masuk ke tahap-tahap awal pembelajaran programming. 


Tetapi janganlah khawatir, karena semua hal bisa kita pahami jika diiringi oleh niat dan tekad yang kuat. Jadi, buat kalian yang ingin mempelajari bahasa pemrograman Pascal, atau mempelajari bahasa pemrograman secara umum, kuatkan niat dan tekad kalian! Tapi, kalau hanya mempelajarinya sendiri yang pastinya tidak akan paham-paham, malah jadi pusing sendiri. Oleh karena itu, kalian harus belajar dari yang sudah paham/berpengalaman, dengan bimbingan mereka, kalian pastinya akan lebih paham, dengan lebih cepat dan lebih mendalam.

Dan janganlah lupa atau malu-malu untuk bertanya, karena dengan bertanya, apa yang kalian belum pahami akan bisa kalian pahami, bahkan bisa lebih paham daripada mereka yang cukup mengerti namun tidak bertanya.

Ya, itulah beberapa penjelasan mengenai apa yang dipelajari oleh anggota-anggota divisi programming di ekskul PATCH. Jadi, tidak perlu berpanjang-panjang lagi, saya cukupkan disini saja. Terima kasih sudah mampir, mohon maaf jika ada kesalahah ataupun kekurangan. Sampai ketemu lagi di post selanjutnya!










































Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar